Selasa, 05 Januari 2010

Tabrakan di Antariksa


Waw..!!
Satelit komunikasi Iridium 33 yang tengah melaju dengan kecepatan 27.008 km/ jam tiba- tiba bertabrakan dengan satelit Cosmos 2251. bisa dibayangkan bagaimana kerasnya tabrakan itu. Kedua satelit pun langsung hancur berkeping- keping. Serpihanya langsung bertebaran mengelilingi Bumi. Tabrakan yang berlangsung pada tanggal 11 februai 2009 itu terjadi di atas Siberia pada ketinggian antara 776 sampai 779 km.
Konon, tabrakan dua satelit besar ini baru pertama kali terjadi. Sebetulnya satelit Cosmos 2251 ini adalah satelit yang sudah tidak di pakai.
Satelit yan g sudah tidak dipakai biasanya dibiarkan begitu saja. Karena untuk mengambilnya, perlu biaya sangat mahal. Akhirnya, satelit- satelit bekas pun melayang- laying menjadi sampah antariksa.
Tabrakan di antariksa memang sangat mungki terjadi. Sebab di atas sana ada ribuan satelit bekas dan ratusan ribu benda asing lainnya yang mengorbit bumi dengan kecepatan super cepat. Untuk mengindari tabrakan biasanya satelit yang masih digunakan akan menggunakan roket pendorong untuk mengubah posisi. Kalau tidak menghindar, akibatnya pu bisa fatal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar