Selasa, 05 Januari 2010

Asal usul bintang..


Astronom mencari tahu asal usul bintang sejak lama. Caranya, astronom mengamati benda- benda langit dengan berbagai macam teleskop. Ternyata bintang-bintang ada yang lahir dan ada juga yang mati di alam semesta. Koq bisa ya?
Ternyata alam semesta mempunyai banyak galaksi.
Galaksi adalah kumpulan bintang, planet, dan awan gas(nebula). Planet bumi berada di galaksi Milky Way mempunyai milyaran bintang. Dan bintang yang sudah tua biasanya mati dan meledak. Ledakan bintang menyebabkan awan gas di galaksi yang tadinya tenang jadi bergerak cepat. Gas- gas itu berputar seperti cakram.
Gas menjadi terpusat di tengah cakram. Kemudian Gas berkumpul jadi massa gas yang sangat besar. Mirip gumpalan gas raksasa, gas terus bergerak dan bertabrakan. Akibatnya tekanan dan suhu gas jadi luar biasa panas. Suhu dan tekanan yang tinggi menyebabkan gas saling bergabung. Proses penggabungannya gas menghasilkan energi panas yang sanagt dahsyat. Energi panas yang dihasilkan bisa mencapai ratusan juta derajat celsius. Dan saat itulah gumpalan gas menjadi bercahaya. Astronom menyebut saat itulah sebuah bintang lahir ^^
Keren ya….!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar