Selasa, 05 Januari 2010

Siapa ya pencipta highlighter atau biasa disebut dengan stabilo????

Highlighter berfungsi untuk menandi sebuah kalimat atau kata yang kita anggap penting, sehingga tampak lebih mencolok dan mudah dilihat. Highlighter atau stabilo di ciptakan ole Yukio Horie dari jepang. Ia ingin membuat pena khusus untuk membuat dan menulis huruf kanji( huruf tradisional jepang). Orang jepang biasanya menulis huruf kanji dengan kuas. Dan dengan kuas juga, tarikan garis bisa dibentuk, tebal tipis dan lebih halus. Pena dan ballpoint tidak bisa menulis sehalus kuas karena ujung pena dan ballpoint terbuat dari logam.
Kemudian Yukio Horie merancang pena khusus yang ujungnya lebih lembut. Dan ia selalu berusaha membuat pena yang ujungnya bisa menyerupai kuas. Pena ini juga mempunyai penampung tinta, sehingga tak perlu selalu mencelupkan ujung pena ke dalam tinta stiap hendak menggunakannya. Dan kemudian Yukio Horie mematenkan penanya pada tahun 1962. dan sejak itu, banyak perusahaan yang mengembangkan alat tulis seperti itu.
Pada awal tahun 90-an muncul pena bertinta terang bermerk Hi-Liter. Dan pena inilah yang kemudian dikenal sebagai Highlighter atau stabilo. Dan orang- orang Indonesia selalu menyebut pena tersebut stabilo. Padahal, stabile hanya salah satu nama merk highlighter. Ada juga merk highlighter yang lain, seperi pilot, zebra, faster, dan lain- lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar