Senin, 05 Oktober 2009

Makanan untuk tulang sehat..

Apa saja nutrisi yang baik dan buruk untuk tulang kita????
Dibawah ini ada 2 macam kandungan makanan yang menghabat dan ada juga kandungan yang membantu penyerapan kalsium untuk tulang kita yaitu....


Nutrisi Penghambat Kalsium:

  1. Kafein: menghabat penyerapan kalsium. Ada dalam kopi, the, minuman ringan berkarbonasi, obat OTC(over the counter/dijual bebas)
  2. Serat: mengganggu penyerapan kalsium (sebaiknya mengonsumsinya ada waktu jeda dengan kalsium) ada dalam oat, gandum.
  3. Oksalat: menghambat penyerapan kalsium. Terdapat dalam bayam, ubi jalar.
  4. Fosfor: jika konsumsinya berlebihan dapat mengacaukan penyerapan kalsium. Ada dalam minuman berkarbonasi (sof drink).
  5. Protein: konsumsi protein berlebihan oleh tubuh akan diubah menjadi energi yang kemudian memproduksi zat kimia sulfat yang akan menguras lebih banyak kalsium.
  6. Sodium: meningkatkan hilangnya kalsium melelui urin dan keringat. Ada dalam garam dan makanan olahan yang tinggi garam.
  7. Vitamin A: berlebihnya asupan retinol ( vit.A) akan mengikis tulang dan mempengaruhi vitamin D, sehingga penyerapan kalsium terganggu. Ada dalam hati, kuning telur, keju, susu, obat jerawat.

Nutrisi Sahabat Kalsium:

  1. Boron: meningkatkan penyerapan kalsium dan metabolisme estrogen. Ada dalam alpukat, selai kacang.
  2. Copper (tembaga): membantu memperkuat struktur tulang. Dosis: 0,9 mg/hr untuk pria dan wanita. Ada dalam biji-bijian, sereal, kakao, gandum, makanan laut.
  3. Flouride: merangsang pembentuka tulang baru. Dosis: 4 mg/hr untuk pria dan 3 mg/hr untuk wanita usia 30 tahun ke atas. Terdapt dalm ikan laut.
  4. Zat Besi: membantu memperkuat struktur tulang. Dosis: 8 mg/hr untuk pria dan 18 mg/hr untuk wanita, usia 19-50 tahun ke atas. Terkandung dalam sereal, buah-buahan, sayur.
  5. Isoflavon: melindungi tulang dari kerusakan. Ada dalam kacang kedelai dan olahanya, kacang polong.
  6. Magnesium: meningkatkan kepadatan mineral tulang dan membantu kerja kalsium. Dosis: 420 mg/hr untuk pria dan 320 mg/hr untuk wanita usia 30 tahun keatas. Ada dalam bayam, kentang, kacang, biji-bijian, gandum, oat, coklat, pisang, brokoli, kismis, udang.
  7. Vitamin C: membantu menguatkan struktur tulang. Dosis: 90 mg/hr untuk pria usia 30 tahun keatas dan 75 mg/hr untuk wanita. Ada dalam jeruk, tomat, kentang, kol brussel, kembang kol, brokoli, stroberi, kubis, bayam.
  8. Fosfor: mendukung pembngunan tulang (85% fosfor di dalam tubuh ada dalam tulang). Dosis: 700 mg/hr untuk pria dan wanita usia 30 tahun ke atas. Terdapat dalam susu, yoghurt, es krim, keju, daging, telur, sereal, roti.
  9. Vitamin K: membantu menguatkan struktur tulang. Dosis: 120 unit/hr untuk pria dan 90 unit/hr untuk wanita usia 30 tahun ke atas. Ada dalam bayam, brokoli, kol brussel, kubis, sawi, minyak nabati, margarine.
  10. Mangan: membantu memperkuat struktur tulang. Dosis: 2,3 mg/hr untuk pria dan 1,8 mg/hr untuk wanita usia 30 tahun ke atas. Ada dalam kacang polang, kacang-kacangan, gandum, the, air minum.
  11. Protein: membantu membangun jaringan dan memperbaiki fraktur. Dosis: 56 mg/hr untuk pria dan 46 mg/hr untuk wanita. Ada dalam daging merah, unggas, ikan, telur, susu, keju, yoghurt, kacang polong, kacang, biji-biian, sayuran.
  12. Zinc: membantu menguatkan struktur tulang. Dosis: 11 mg/hr untuk pria dan 8 mg/hr untuk wanita usia 19 tahun ke atas. Ada dalam daging merah, unggas, makanan laut, kacang-kacangan, sereal.

nah....itu dy makanan sehat untuk tulang kita^^
moga-moga bermanfaat ya..!


sumber: _hidup sehat_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar