Rabu, 19 Mei 2010

Hidup Jauh Lebih Indah Dengan Bersabar

Kesabaran tidak hanya mendapatkan pahala dari Allah SWT. Lebih dari itu, sabar juga bisa memberikan manfaat bagi kesehatan jasmani dan rohani.
Jadi kapan kita harus bersabar? Setidaknya ada 3 hal yang yang memerlukan kesabaran kita dalam menjalani hidup ini.

1. Sabar ketika berkeinginan. Watak manusia diciptakan dengan banyak keinginan. Hal itu merupakan ujian, apakah kita akan terbawa dengan semua keinginan tersebut, atau kita bisa menendalikannya. Sehingga kita dapat memilih yang amana yang harus di pilih dan yang mana yang harus di hindari. Jika kita bisa mengendalikannya keinginan ke hal yang lebih positif maka perasaan akan menjadi lebih tenang.

2. Sabar ketika kita sedang melakukan sesuatu. Misalnya ketika kita sedang bekerja, kita tidak terburu-buru menyelesaikan pekerjaan tersebut. Dengan bersabar, maka kita lebih seksama dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut, sehingga kita bisa mendapatkan suatu hasil yang optimal.

3. Sabar ketika mendapat suatu hasil. Baik berupa hasil kegagalan ataupun kesuksesan. Jika kita sukses, maka sudah selayaknya kita bersyukur atas karunia-Nya. Sedangkan jika kita mendapat kegagalan, mungkin memang belum waktunya kita menuai kesuksesan. Kita tidak usah sibuk mengeluh.
Harus dipahami, jika kita belum mendapatkan hasil yang sesuai keinginan, belum tentu merupakan kegagalan. Kegagalan adalah ketika kita tidak sabar menghadapi sesuatu yang tidak sesuai keinginan kita. Dan harus kita sadari bahwa Allah SWT mempunyai rencana lain terhadap kehidupan kita untuk menjadi lebih baik.

Untuk melatih rasa sabar tersebut, yang harus kita lakukan adalah berpikir positif dan jernih akan setiap masalah yang ada, berpasrah diri dan ikhlas akan apa yang sudah kita lakukan dengan maksimal, menahan emosi dengan mengendalikan rasa marah atau kesal dan cobalah untuk berpikir akan kegunaan dan akibat-akibatnya, serta menjaga hubungan diri dengan Allah SWT. Menjadi orang yang sabar dalam setiap waktu dan kegiatan saat ini gampang-susah. Tergantung pada bagaiman kita bisa menyikapi keadaan hidup ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar